Laman

PEMASARAN DIDUNIA YANG SEDANG BERUBAH.

PEMASARAN DIDUNIA YANG SEDANG BERUBAH.

Walaupun banyak faktor memberikan kontribusi pada keberhasilan bisnis, dewasa ini perusahaan – perusahaan yang sukses bersama sama memiliki fokus yang kuat pada pelanggan dan kebulatan komitmen pada pemasaran. Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang menjadi sarana bagi individual dan kelompok untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran produk serta inginkan lewat penciptaan dan pertukaran produk serta nilai dengan pihak lain. Media pemasaran adalah konsep fundamental kebutuhan manusia, yang merupakan pernyataan dari perasaan yang tersembunyi. Kebutuhan dasar dasar dibentuk oleh budaya dan kepribadian menjadi keinginan manusia. Keinginan ini, kalau didukung dengan daya beli, menjadi permintaan.

Pemasar mengarahkan permintaan ini dengan menciptakan produk dan jasa yang tepat. Produk ini merumuskan kebutuhan dan keinginan dengan menawarkan nilai pelanggan, persepsi pelanggan mengenai perbedaan antara manfaat memiliki dan menggunakan produk tersebut, dan berapa biaya untuk memprolehnya. Bila menawarkan nilai yang baik, produk akan menciptakan keputusan pelanggan. Ide kompleks mengenai mutu berkaitan erat dengan kepuasan. Mutu berarti bukan hanya tanpa cacat, tetapi juga proudk tersebut menawarkan kepuasan yang dicari oleh pelanggan.

Pemasaran terjadi ketika manusia memutuskan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan lewat proses pertukaran. Kalau nilai benar- benar diperdagangkan antara dua belah pihak, transaksi terjadi. Bila suatu seri transaksi terjadi antara pihak – pihak yang sama, hubungan jangka panjang berkembang. Mengembangkan hubungan dengan pelanggan seperti itu lewat ikatan sosial dan ekonomi yang kuat menjadi sasaran penting bagi pemasar.

Manajemen pemasaran adalah proses yang  menjadi sarana pemsasar mencapai tujuan organisasi mereka. Inti dari proses ini adalah mengelola tingkat, waktu yang tepat  dan komposisi dari permintaan dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru. Hal ini tercapai dengan mengembangkan program pemasaran untuk pasar sasaran lewat proses analisis, perencanaan , implementasi dan pengendalian. Kalau dilakukan dengan tepat, hasilnya adalah hubungan jangka panjang yang menguntungkan dengan pelanggan.

Manajemen pemasaran dapat dipandu oleh lima falsafah yang berbeda.
1.      Konsep produksi, didasarkan pada ide bahwa biaya rendah adalah paling penting dari tugas manajemen adalah berkonsentrasi pada volume produksi dan efisien untuk menurunkan biaya dan harga.

2.    Konsep produk yakin bahwa konsumen memilih produk bermutu tinggi, dan bahwa jika proudknya cukup bagus, hanya sedidikt usaha promosi yang diperlukan,
3.      Konsep penjualan menganggap bahwa penjualan dengan volume tinggi dan usaha promosi diperlukan untuk merangksang permintaan yang memadai akan produk tersebut,
4.      Konsep pemasaran yakin bahawa sebuah perusahaan meraih keunggulan bersaing dengan memahami kebutuhan dan keinginan dari pasar sasaran yang ditetapkan dengan jelas dan menggunakan pemahaman ini untuk melakukan pekerjaan superior menyampaikan keupasan kepada para pelanggan tersebut.
5.      Konsep pemasaran bewawasan sosial merupakan perluasan dari konsep pemasaran dengan menekankan bahwa sebuah perusahaan seharunya mencari cara menghasilkan niat baik pelanggan, tetapi harus selalu memajukan ksesjahteraan sosial jangka panjang.


Pemasaran beroperasi dalam lingkungan global yang dinamik, dan menghadapi tantangan baru menjelang abad kedua puluh satu. Konsep pemasaran yang sukses dewasa  ini dipahami secara luas, memacau pertumbuhan dalam pemasaran nirlaba ketika organisasi ini mulai menggunakan alat dan teknik manajemen pemasaran. Lingkungan juga berubah hampir setiap perusahaan terpengaruh oleh globalisasi yang cepat perubahan ekonomi  dunia, yang berjalan lambat untuk periode yang cukup lama, mengakibatkan saat – saat  yang lebih sulit bagi konsumen dan pemasar. Semua tantangan ini diperkuat oleh tuntutan bahwa pemasar melakukan semua bisnisnya dengan penekananan pada lebih beretika dan tanggung jawab sosial.kalau dirangkum, semua perubahan ini menetapakan wawasan pemasaran yang baru. Perusahaan yang berhasil dalam lingkungan ini harus mempunyai fokus yang kuat pada pasara yang sedang berubah dan komitmen total guna menggunakan alat pemasaran untuk menyediakan nilai sebenarnya bagi pelanggan.

Bagaimana apakah sistem pemasaran anda sudah mengikuti zaman 

eksisna

About eksisna

Komitmen, pengetahuan, pengalaman dan kepedulian kami siap memfasilitasi demi tercapainya tujuan dari tiap-tiap individu yang mempercayakan kepada kami.

Subscribe to this Blog via Email :