KEBUTUHAN, KEINGINAN DAN PERMINTAAN
Kebutuhan manusia adalah keadaan merasa kekurangan. Kebutuhan meliputi kebutuhan dasar akan makanan, pakaian, kehangatan dan keamanan; kebutuhan sosial akan kebersamaan dan perhatian dan kebutuhan individu akan pengetahuan dan ekspresi diri. Kebutuhan itu tidak diciptakan oleh pemasar., kebutuhan tersebut adalah bagian dasar dari sifat kodrati manusia.
Pelatihan Humas 3 hari bersama PT. Freeport Indonesia |
Keinginan adalah bentuk kebutuhan
manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian individu. Orang Amerika butuh makanan tetapi ingin hamburger,
kentang goreng dan segelas minuman ringan. Seseorang di Mauritius mungkin butuh
makanan tetapi ingin mangga, nasi, terasi dan buncis. Keinginan dibentuk oleh
masyarakat dan dikemukan sebagai obyek yang akan memuaskan kebutuhan tersebut.
Bagaimana teknik Word of mouth memainkan peranan penting dalam penjualan berbagai produk :
- 65% dari konsumen yang membeli organizer palm menceritakan kepada produsen alat ini, bahwa mereka mendengar mengenai Palm dari orang lain.
- 47 % dari pembaca surfing mengatakan bahwa pengaruh terbesar atas keputusan mereka tentang tempat untuk berselancar dan apa yang akan dibeli datang dari seorang teman.
- Menurut The Travel Industry Association, teman dan kerabat merupakan sumber nomor satu untuk informasi mengenai tempat-tempat yang akan dikunjungi atau mengenai pesawat, hotel, mobil sewaan. Dari orang-orang yang disurvey, 43 % menyebutkan teman atau keluarga sebagai sumber informasi.
- 57% dari pelanggan sebuah penjual mobil di California mengetahui mengenai penjual tersebut dari komunikasi word of mouth.
- Pemasaran beberapa film yang sukses di pasar, meibatkan peran word of mouth. Menurut studi yang dilakukan Maritz Marketing Research, 53% dari pecandu bioskop sampai tingkat tertentu mengandalkan anjuran dari seseorang yang mereka kenal.
- Menurut studi sejenis di atas, 70% dari orang Amerika mengandalkan nasihat orang lain ketika memilih dokter baru. 63% dari wanita yang disurvey menyebutkan bahwa referensi teman, keluarga atau rekan sekerja adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pembelian obat-obat yang dijual bebas.
- Praktik pemasaran konvensional masih mengasumsikan pengambilan keputusan konsumen, merupakan keputusan yang terutama dipengaruhi oleh individu konsumen. Sehingga untuk membangun daya tarik, iklan menjadi alat komunikasi utama.
- Dalam kenyataannya keputusan pembelian berbagai macam produk merupakan bagian dari proses sosial. Yaitu suatu proses yang meliputi interaksi antara seseorang di perusahaan dengan pelanggan, juga berbagai pertukaran informasi dan pengaruh di antara orang-orang yang mengelilingi pelanggan.
- Di antaranya terjadi melalui word of mouth.
- Pada tahun 1994 seorang guru besar perguruan tinggi memperhatikan kesalahan pembagian di Pentium chip Intel. Seakan-akan : tiba-tiba guru besar tersebut berada di atas pentas, dan dia merebut microfon.
- Berita mengenai kesalahan kecil ini dengan cepat tersebar di Internet dan bahkan lebih cepat ketika intel menganggapnya sebagai kesalahan kecil
- Para pelanggan membanjiri Intel dengan e-mail dan dering telepon. Pada satu tahap perusahaan memperoleh 25.000 panggilan telepon. Awalnya Intel menolak, namun perusahaan ini dibombardir dengan berita-berita jelek dan sahamnya menurun tajam.
- Keadaan ini memaksa Intel melakukan write off sejumlah $475 Juta, untuk penarikan dan penggantian produknya.
- Pelajarannya : berilah perhatian pada mereka yang ada di atas panggung ( opinion leader), dan di saat masyarakat diberdayakan oleh IT mereka yang ada di atas panggung semakin banyak.
Six Degrees of Separation :Saya membaca di suatu tempat bahwa setiap orang di planet ini dipisahkan hanya oleh 6 orang lain (John Guare)berlanjut pada postingan selanjutnya...