Laman

Bangun Kebutuhan Konsumen WOM 2

Pentingnya Jaringan-Jaringan  : Alasan Perilaku Konsumen

          Jaringan bekerja tanpa terlihat, namun selalu penting dalam penyebaran produk-produk tertentu.
          Menjual produk di era sekarang bukanlah pada perorangan, melainkan pada jaringan-jaringan pelanggan. Sehingga mengetahui mekanisme kerja jaringan mutlak dilakukan pemasar dengan alasan :
        Para pelanggan sesungguhnya hampir tak dapat mendengar produsen. Begitu banyak informasi yang dikemukakan pemasar tentang produknya, berlebihan dan bersaing dengan produk-produk lainnya. Keadaan ini menciptakan kegaduhan. Konsumen melindungi diri dari media massa, dan mengubah sumber informasi kepada teman terdekat
        Para pelanggan bersifat ragu-ragu. Berdasarkan survey, hanya 37% masyarakat menganggap informasi yang datang dari perusahaan komputer dan perangkat lunak “sangat atau agak dipercaya”, farmasi 28%, mobil 18%, asuransi !6%.
        Pelanggan terhubung satu sama lain. Konsumen telah menemukan alat-alat baru untuk berbagai informasi. Mereka berbicara, bertanya, menjawab satu sama lain, tentang apa saja dengan kemudahan yang disediakan alat-alat baru tersebut.

intagram competition, dalam pelatihan :interpersonal communication 

Apa yang Dapat Dilakukan  Konsumen dalam Jaringan ?
          Konsumen dapat meng e-mail kan pemikiran-pemikirannya kepada semua temannya
          Konsumen dapat ikut serta dalam obrolan atau kelompok-kelompok berita untuk menyuarakan pendapatnya
          Konsumen dapat membubuhkan keterangan pada situs web perusahaan dengan komentar-komentarnya sendiri mengenai tuntutan mereka
          Konsumen dapat menilai suatu produk pada situs web yang terkait dengan produk
          Konsumen dapat mempublikasikan informasi tentang produk di web-nya sendiri
          Konsumen dapat membaktikan sebuah situs web kepada suatu produk yang bermasalah

Pengaruh kuatnya WOM
          Word of mouth sangat kuat pengaruhnya karena ada dalam spektrum sifat manusia. Alasan manusia berbicara :
        Manusia berbicara karena diprogram untuk berbicara
        Manusia berbicara untuk berkomunikasi dalam penemuan dirinya sendiri.
        Manusia berbicara untuk memahami dunia
        Manusia berbicara untuk mengurangi resiko, biaya dan ketidakpastian
        Manusia berbicara karena pembicaraan mempunyai arti ekonomis
        Manusia berbicara untuk menghilangkan ketegangan

Pusat Jaringan WOM
          Pusat jaringan adalah orang yang berkomunikasi dengan lebih banyak orang mengenai suatu produk tertentu ketimbang yang dilakukan rata-rata orang
          Sosiolog menyebut mereka yang ada di pusat jaringan sebagai opinion leader, di dunia industri disebut sebagai influencer, di kalangan pengadopsi disebut sebagai innovator, lead users atau power users.
          Pusat  jaringan ada di setiap katagori produk yang menjadi pembicaraan

Jenis pusat jaringan WOM
          Orang yang akan bertindak sebagai pusat jaringan, muncul dari berbagai keadaan, warna dan bentuk. Terdapat 4 kelompok pusat jaringan :
        Pusat jaringan biasa : orang yang biasa bertindak sebagai sumber informasi dan pengaruh dalam suatu kategori produk tertentu.
        Pusat jaringan besar : terdiri dari publik figur pers, selebriti, analis, politisi
        Pusat jaringan ahli : beberapa orang yang didengar karena mereka telah menunjukkan pengetahuan mereka yang sangat berarti di suatu bidang tertentu
        Pusat jaringan sosial : orang yang dalam kelompok sosial memiliki karisma, dipercayai oleh teman atau lebih aktif

Jenis pusat jaringan
          Orang yang akan bertindak sebagai pusat jaringan, muncul dari berbagai keadaan, warna dan bentuk. Terdapat 4 kelompok pusat jaringan :
        Pusat jaringan biasa : orang yang biasa bertindak sebagai sumber informasi dan pengaruh dalam suatu kategori produk tertentu.
        Pusat jaringan besar : terdiri dari publik figur pers, selebriti, analis, politisi
        Pusat jaringan ahli : beberapa orang yang didengar karena mereka telah menunjukkan pengetahuan mereka yang sangat berarti di suatu bidang tertentu
        Pusat jaringan sosial : orang yang dalam kelompok sosial memiliki karisma, dipercayai oleh teman atau lebih aktif.

Prinsip Jaringan
          Jaringan tidak kelihatan : dalam sebuah jaringan yang terdiri dari 100 orang, terdapat 4.950 hubungan yang ada di antara mereka dan terdapat hampir 500 ribu hubungan yang mungkin terbentuk. Implikasinya : kebebasan pribadi pelanggan terlindungi karena pertalian sosial tidak mudah terlihat. Aktivitas pemasaran melalui jaringanpun tak terlihat.
          Orang berhubungan dengan orang lain yang sama dengan mereka : manusia menjalin hubungan dengan orang lain yang seperti mereka (homophily). Implikasinya : walaupun hubungan sangat mudah terbentuk, namun akan terpecah-pecah dalam kelompok kecil yang tersusun berdasar kesamaan, dan word of mouth hanya terjadi di antara konsumen yang memiliki karakteristik sama. 
          Orang yang sama satu sama lain membentuk kelompok kecil : berjuta-juta kelompok kecil yang unik terbentuk menurut dimensi seperti umur, jenis kelamin, pekerjaan, kelas sosial, bidang ,minat. Implikasi : bagi produsen yang mampu memenuhi kebutuhan suatu kelompok kecil dengan standar tertentu akan mempersulit gerak pesaing
          Informasi word of mouth menyebar melalui nodes bersama : konsumen tertentu berada dalam lebih dari 1 kelompok kecil atau golongan Kelompok-kelompok kecil yang diduduki bersama ini akan menjadi jalan menyebarnya material word of mouth. Implikasinya : untuk menyebarkan informasi dapt memanfaatkan konsumen yang memiliki kelompok kecil terbanyak.


Saya ingin memberi ilustrasi yang terjadi dalam keseharian kita. Suatu hari dalam perjalanan pulang dari sekolah, saya melihat seekor kuda tersesat yang sedang mencari air minum dan kelihatan sangat kehausan. Mungkin si pemilik tidak menyadari bahwa salah seekor kudanya terpisah dari rombongannya. Saya naik ke pelananya, pegang tali yang tersambung dengan kepalanya dan berseru, "Giddy Up!" sambil mengarahkannya ke jalan raya. Saya tahu bahwa kuda ini akan berjalan ke arah yang tepat, meski saya tidak tahu ke mana persisnya. Kuda itu melaju dengan cepat. Kadang ia berjalan melenceng ke sawah dan tugas saya adalah mengarahkannya ke jalan di mana SEHARUSNYA ia berjalan. Dan, akhirnya setelah berjalan empat mil dari pertama kali kuda itu saya temukan, ia berbelok ke sebuah lahan pertanian dan si pemiliknya berujar, "Ah, jadi BEGINILAH caranya si manis pulang. Anak muda, di mana kamu menemukannya?" Saya menjawab, "Kira-kira empat mil dari sini." "Bagaimana kamu tahu bahwa kuda ini di sini TEMPATNYA?" Saya menjawab, "Saya tidak tahu. KUDA ini tahu. Yang saya lakukan hanya mengarahkannya ke jalan." Saya kira beginilah seharusnya sesi terapi dijalankan.

Saya setuju dengan pendapat Erickson. Beginilah seharusnya perencana pemasaran dijalankan. dapat mengarahkan opini pelanggannya.

eksisna

About eksisna

Komitmen, pengetahuan, pengalaman dan kepedulian kami siap memfasilitasi demi tercapainya tujuan dari tiap-tiap individu yang mempercayakan kepada kami.

Subscribe to this Blog via Email :